SpongeBob SquarePants

Selasa, 17 Desember 2013

Maju Lebur, Mundur Hancur

Gigi Berlubang


Seberapa pentingnya kesehatan gigi dan mulut untuk kita? Tentu untuk sebagian orang menganggap bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut itu bukanlah suatu kewajiban, padahal tanpa pernah kita sadari kelalaian kita adalah pembunuh terbesar bagi kesehatan gigi dan mulut.

Mengapa demikian?
Bayangkan saja, begitu banyak makanan dan minuman yang kita konsumsi dalam satu hari, tak jarang makanan dan minuman tersebut mengandung gula yang menyebabkan karies ( gigi berlubang ), mungkin bagi sebagian orang karies ini adalah hal biasa, namun saat kesehatan gigi dan mulut terganggu akan menyebabkan kualitas hidup kita menurun. Dengan adanya gangguan kesehatan gigi dan mulut tersebut maka segala pekerjaan kita terbengkalai karena waktu yang seharusnya efektif untuk bekerja namun terbuang untuk penyembuhan gangguan kesehatan gigi dan mulut tadi.

Seperti kata pepatah " Mencegah Lebih Baik dari pada Mengobati ", kita yang selalu mengabaikan akan menjaga kesehatan gigi dan mulut ternyata membawa banyak dampak negatif dalam kehidupan kita, sayangnya saat ini kita sedang terkena deman " Hedonisme ", dimana kita lebih memilih sesuatu yang menyenangkan untuk dijalani, dari pada membiasakan menjaga kesehatan gigi dan mulut yang bagi sebagian orang hal itu adalah pekerjaan berat.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut harus dilakukan sejak dini, anak-anak harus dibiasakan dari kecil agar besar nanti mereka paham akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, " Rongga Mulut adalah Cerminan Masa Lalu ", maksudnya ketika seseorang mengalami karies dimasa kini maka itu disebabkan karena kebiasaannya dimasa lalu yang mengkonsumsi gula dalam jumlah yang besar, sehingga kebiasaan masa lalunya itu akan terlihat dari rongga mulutnya.

Jika dari awal kita tidak membiasakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, dan memang itu cukup menyulitkan kita, karena tidak dibiasakan sebab segala sesuatu itu bisa karena terbiasa. Memang untuk masalah kesehatan gigi dan mulut ini tidak cukup mudah, ketika kita lalai sedikit saja maka kuman yang menyebabkan penyakit itu akan dengan mudah menggerogoti rongga mulut, tentu akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan gigi dan mulut kita, dan ketika kesehatan mulut kita terganggu dan kita tetap tidak peduli, justru berfikir " ya sudahlah, toh gigi saya sudah berlubang, tidak perlu diobati ", jangan salah itu justru membuat kita hancur.

Benarkah sakit gigi dapat merengguh nyawa?
Mungkin sebagian dari kita beranggapan bahwa sakit gigi tidak menyebabkan kematian, sehingga saat kesehatan gigi dan mulut terganggu begitu banyak orang yang tidak peduli akan hal tersebut apalagi untuk mengobatinya saja tidak terfikirkan sama sekali dalam benak mereka, nah itu adalah anggapan yang salah, bahwa nyatanya ada kejadian dimana sakit gigi yang berujung maut.

Siapa yang tidak mengenal pelawak Leysus Winarso, semua berawal pada pertengahan puasa tahun 2005 lalu, beliau mengeluh sakit gigi namun itu dianggap hal biasa oleh istrinya Warini yang akrab disapa Ririn. Sebab menurut sang istri Leysus biasa sakit gigi jika mengalami flu atau pusing, dan itu menjadi sebuah kebiasaan yang salah. Dan ternyata gigi Pelawak Leysus ini mengalami keretakan pada bagian gigi kanan, kemudian dokter menambal giginya, namun sayangnya gigi bukannya sembuh malah menjalar kebagian tubuh yang lain, pipi mulai membengkak akibat gusi yang membengkak pula. Dan hal itu berpengaruh pada organ yang lain sehingga menyebabkan kematian.

Itu hanya sebagian kecil yang terlihat, tentu diluar sana masih banyak yang melalaikan akan kesehatan gigi dan mulutnya. Lalu apakah bisa dicegah?
Memang hidup dan matinya seseorang tidak ada yang tahu, hanya Allah yang mampu mengaturnya, namun akan disayangkan jika seseorang kehilangan nyawanya hanya karena " Sakit Gigi ", sekarang kita memilih memperbaiki pola makan dan menjaga kesehatan gigi dan mulut kita mulai detik ini atau " Maju " dengan tetap tidak peduli dan " Mundur " dengan penyesalan yang berujung maut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar